Selasa, 04 Oktober 2011

Cara Mengatasi Nuked BlackBerry


Nuked atau Bricked pada sebuah BlackBerry adalah keadaan di mana perangkat BlackBerry LED Menyala kedip-kedip merah/gagal booting(booting mati lagi).





Ada 2 (dua) penyebab :

  • Software
  • Hardware

**** Gejala yang terlihat sukar dibedakan karena gejala yang hampir sama, kita akan mengetahui BlackBerry tersebut mengalami kerusakan Hardware jika langkah-langkah mengatasi Nuked OS/Software tidak berpengaruh/tidak berhasil.

1.
Nuked Karena Software/OS


Gejala :

  • ketika dinyalakan : Led indikator hanya menyala kedip-kedip/ Led indikator akan menyala beberapa saat, di Layar akan muncul the hourglass of death, kemudian BB akan mati, setelah beberapa saat akan menyala kembali dan akan mengulang proses yg sama terus menerus.


Penyebab :
  • 1. Firmware yg tidak cocok, jika baru melakukan upgrade firmware kemudian nuked, sebaiknya downgrade kembali ke firmware semula
  • 2. Proses Install OS yg gagal karena mati lampu / putus di tengah jalan
  • 3. Themes / aplikasi yg tidak cocok
  • 4. Baterai sudah rusak (jebol)
  • 5. dll

* Coba copot baterai, diamkan sejenak lalu pasang lagi jika ternyata hasilnya sama saja. ulangi kembali sambil juga mencopot memory dan SIM card jika tetap tidak berhasil.

Maka dapat disimpulkan BlackBerry Nuked


Yang diperlukan :

1. Komputer

2. BlackBerry Desktop manager (DM) v 4.6 or later

3. BlackBerry Firmware (OS) (sesuai dengan jenis Blackberry dan disarankan untuk menggunakan last known good stable firmware)


Langkah 1:

> install Desktop Manager

> install firmware, jgn lupa delete file vendor.xml di Program Files → Common Files → Research in Motion → AppLoader → vendor.xml (Agar OS terbaca oleh BlackBerry semua vendor)

> Pastikan BlackBerry TIDAK terhubung ke komputer.

> Lepaskan simcard & memory card

> Buka App Loader. Browse ke Program Files → Common Files → Research In Motion → AppLoader.




klik Next
Setelah Klik Next, App Loader akan menunggu koneksi BB ke USB.




Perhatikan : Yang kita perlukan adalah koneksi BB dgn DM (lihat pic). bagaimana caranya supaya BB terdetek di USB? sedangkan BB sedang dalam keadaan Nuked?

Triknya adalah :

Lepaskan Battery BB, kemudian sambungkan BB ke USB


!!!!PENTING!!!!!!!

Sesaat ketika BB di sambungkan ke USB, Led indikator akan menyala, perhatikan di window app loader, ketika tulisan berubah menjadi USB-PIN:UNKNOWN segera tekan NEXT



jika koneksi gagal, ulangi langkah diatas sampai terdeteksi PIN UNKNOWN.



NOTE: TIDAK SELALU BB YG NUKED TIDAK TERDETEKSI OLEH DM, DALAM HAL PIN BB TERDETEKSI (TIDAK SELALU HARUS PIN: UNKNOWN) SILAHKAN LANJUTKAN DGN PROSES INSTALL OS

- Begitu proses reload/flashing berhasil dimulai, segera pasang batre dan covernya karena segera setelah flashing selesai BB akan restart jadi kalau tidak dipasang baterainya otomatis gagal. Jika langkah gagal/tidak berpengaruh/tidak berhasil.. Kemungkinan BlackBerry Anda Mengalami Nuked Karena HardWare.

2. Nuked Karena HardWare

Gejala :
ketika dinyalakan : Tidak bisa hidup (matot), Led indikator hanya menyala kedip-kedip/ Led indikator akan menyala beberapa saat, di Layar akan muncul the hourglass of death, kemudian BB akan mati, setelah beberapa saat akan menyala kembali dan akan mengulang proses yg sama terus menerus
.

Penyebab :
  • 1. Baterai sudah rusak (sehingga pengisian bermasalah)
  • 2. pengecasan berlebihan
  • 3. ic zokus/power/bridge sudah lemah
  • 5.dll
untuk melakukan perbaikan ini perlu memiliki keahlian khusus, karena harus bongkar Mesin (BlackBerry)




Kerusakan biasanya terjadi pada :

1. ic Zokus
2. ic Power

3. west bridge
4. dll



Tidak ada komentar: